Perum Kemiri Indah C8 No.7 Sidoarjo
+6281216664456
admin@jasawebsiteanda.com

Pengertian Tentang SEO (Tutorial)

Jasa Website Surabaya, jasa website sidoarjo

Pengertian Tentang SEO (Tutorial)

Pengertian Tentang SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah tentang mengoptimalkan website untuk mesin pencari. Search Engine Optimization (SEO) adalah kegiatan mengoptimalkan halaman website atau seluruh situs untuk membuatnya ramah di mesin pencari, sehingga mendapatkan posisi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Itulah pengertian dasar tentang SEO.
Tutorial ini menjelaskan teknik SEO sederhana untuk meningkatkan visibilitas halaman website Anda untuk mesin pencari yang berbeda, terutama untuk Google, Yahoo, dan Bing.
Tutorial ini telah disiapkan untuk pemula dalam membantu mereka untuk memahami karakteristik SEO yang sederhana namun efektif.

search engine optimization

Bagaimana Mesin Pencari Bekerja?
Mesin pencari melakukan beberapa kegiatan untuk memberikan hasil pencarian antara lain:
Perayapan/merayapi – Proses mengambil semua halaman website yang ditautkan ke website itu sendiri. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak, yang disebut crawler atau spider (atau Googlebot, dalam kasus Google).

Pengindeksan – Proses membuat indeks untuk semua halaman web yang diambil dan menyimpannya ke dalam basis data raksasa dari tempat nantinya dapat diambil. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata dan ekspresi yang paling menggambarkan halaman dan menetapkan halaman untuk kata kunci tertentu.

Memproses – Ketika permintaan pencarian datang, mesin pencari memprosesnya, yaitu membandingkan string/jaring pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman yang diindeks dalam database.

Menghitung Relevansi – Kemungkinan lebih dari satu halaman berisi string pencarian, sehingga mesin pencari mulai menghitung relevansi setiap halaman dalam indeksnya dengan string pencarian.

Mengambil Hasil – Langkah terakhir dalam kegiatan mesin pencari adalah mengambil hasil yang paling cocok. Pada dasarnya, itu tidak lebih dari sekadar menampilkannya di browser.

Mesin pencari seperti Google dan Yahoo! sering memperbarui algoritma relevansinya puluhan kali per bulan. Ketika Anda melihat perubahan pada peringkat Anda, itu disebabkan oleh perubahan algoritmik atau sesuatu yang lain di luar kendali Anda.
Meskipun prinsip dasar pengoperasian semua mesin pencari adalah sama, perbedaan kecil antara algoritma relevansinya menyebabkan perubahan besar dalam relevansi hasil.
SEO pada intinya atau garis besarnya dibagi menjadi 2 yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO.

Apa itu SEO On-Page dan Off-page?
Secara konseptual, ada dua cara optimasi:
On-Page SEO – Ini termasuk menyediakan konten yang bagus, pemilihan kata kunci yang baik, menempatkan kata kunci di tempat yang benar, memberikan judul yang sesuai untuk setiap halaman, dll.
SEO Off-Page – Ini termasuk pembangunan tautan, peningkatan popularitas tautan dengan mengirimkan direktori terbuka, mesin pencari, pertukaran tautan, dll.
Sedangkan dari segi tekniknya SEO juga dibagi menjadi 2 yaitu White and Black SEO

White Hat SEO – Teknik yang direkomendasikan oleh mesin pencari sebagai bagian dari desain yang baik.
Taktik SEO dianggap sebagai White Hat jika memiliki fitur berikut:
* Ini sesuai dengan pedoman mesin pencari.
* Itu tidak terlibat dalam penipuan.
* Ini memastikan bahwa konten yang indeks mesin pencari, dan kemudian peringkat, adalah konten yang sama dengan yang akan dilihat pengguna.
*Ini memastikan bahwa konten halaman web seharusnya dibuat untuk pengguna dan bukan hanya untuk mesin pencari.
*Ini memastikan kualitas halaman web yang bagus.
*Ini memastikan ketersediaan konten yang bermanfaat di halaman web.
Selalu gunakan taktik White Hat SEO dan jangan mencoba membodohi/menipu pengunjung situs Anda. Jujurlah dan Anda pasti akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik buat website anda.

Black Hat atau Spamdexing
Black Hat SEO – Teknik yang tidak disetujui mesin pencari dan berupaya meminimalkan efek. Teknik-teknik ini juga dikenal sebagai spamdexing.
Taktik SEO, dianggap sebagai Black Hat atau Spamdexing jika memiliki fitur berikut:
*Mencoba peningkatan peringkat yang tidak disetujui oleh mesin pencari dan / atau melibatkan penipuan.
*Mengarahkan pengguna dari halaman yang dibuat untuk mesin pencari ke halaman yang lebih ramah manusia.
*Mengarahkan pengguna ke halaman yang berbeda dari halaman yang diperingkat mesin pencari.
*Melayani satu versi halaman untuk spider / bot mesin pencari dan versi lain untuk pengunjung manusia. Ini disebut taktik Cloaking SEO.
*Menggunakan teks tersembunyi atau tidak terlihat atau dengan warna latar belakang halaman, menggunakan ukuran font kecil atau menyembunyikannya di dalam kode HTML seperti bagian “tanpa bingkai”.
*Mengulangi kata kunci dalam metatag, dan menggunakan kata kunci yang tidak terkait dengan konten situs web. Ini disebut isian metatag.
*Penempatan kata kunci yang dihitung dalam suatu halaman untuk meningkatkan jumlah kata kunci, variasi, dan kepadatan halaman. Ini disebut isian kata kunci.
*Membuat halaman web berkualitas rendah yang mengandung sangat sedikit konten tetapi diisi dengan kata kunci dan frasa yang sangat mirip. Halaman-halaman ini disebut Doorway atau Gateway Pages.
*Mirror situs web dengan hosting beberapa situs web – semua dengan konten yang serupa secara konseptual tetapi menggunakan URL yang berbeda.
*Membuat salinan palsu dari situs web populer yang memperlihatkan konten yang mirip dengan yang asli ke perayap web, tetapi mengarahkan peselancar web ke situs web yang tidak terkait atau berbahaya. Ini disebut pembajakan halaman.

Sebaiknya saran saya jangan menggunakan taktik Black Hat di atas untuk meningkatkan peringkat situs anda. Mesin pencari cukup pintar untuk mengidentifikasi semua properti di atas dari situs anda dan pada akhirnya anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Dan itulah sedikit uraian tentang seo dan akan kita jabarkan lebih luas lagi di postingan yang berikutnya.

 

No Comments

Add your comment